Remaja yang Paling Rawan


Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) merupakan pokok pembangunan Nasional yang tercantum dalam RPJM 2004-2009. Salah satu sasaran strategis yang ingin dicapai adalah berkaitan erat dengan program KRR yang ditingkatkan melalui pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja.

Remaja mempunyai masalah yang kompleks seiring dengan masa transisi yang dialaminya. Masalah yang menonjol di kalangan remaja misalnya mengenai seksualitas ( saat kehamilan tidak diinginkan, dilakukan aborsi ), infeksi penyakit menular seksualitas (IMS), HIV & AIDS, penyalahgunaan NAPSA, dsb.

Masalah yang timbul tersebut merupakan dampak negative dari kebebasan mengakses informasi, dengan kemudahan-kemudahan yang sejalan dengan kemajuan teknologi.
Dalam menyikapi kemajuan teknologi masa remaja yang syarat dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan keinginan untuk mencoba hal-hal yang baru, membuat masa remaja dikatakan masa yang paling rawan terjerumus dalam masalah seksualitas, dsb.
Namun, jika para remaja dapat melakukan hal-hal yang positif, maka akan menutup kemungkinan terjerumus dalam masalah-masalah seperti itu. Bahkan, remaja bias lebih sehat, bergaya, dan lebih berprestasi.

By: Trio Danu K

3 komentar: