TRANSGENDER

Hai hai ;) berikut konresa memberikan artikel mengenai transgender, mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tahu banyak tentang hal ini apa penyebabnya, gejalanya dll.disini kalian bisa tahu.. :) gak usah nunggu lama yuk langsung chekidot..bekichot!!

     Transgender adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang melakukan, merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang ditetapkan saat mereka lahir. "Transgender" tidak menunjukkan bentuk spesifik apapun dari orientasi seksualheteroseksual, homoseksual, biseksual, panseksual, poliseksual, atau aseksual. Definisi yang tepat untuk transgender tetap mengalir, namun mencakup: orangnya. Orang-orang transgender dapat saja mengidentifikasikan dirinya sebagai
  • "Tentang, berkaitan dengan, atau menetapkan seseorang yang identitasnya tidak sesuai dengan pengertian yang konvensional tentang gender laki-laki atau perempuan, melainkan menggabungkan atau bergerak di antara keduanya."
  • "Orang yang ditetapkan gendernya, biasanya pada saat kelahirannya dan didasarkan pada alat kelaminnya, tetapi yang merasa bahwa deksripsi ini salah atau tidak sempurna bagi dirinya."
  • "Non-identifikasi dengan, atau non-representasi sebagai, gender yang diberikan kepada dirinya pada saat kelahirannya."
Gejala awal transgender
  •  Perasaan tidak nyaman dan tidak puas dengan salah satu anatomi seksnya
  • Berharap dapat berganti kelamin dan hidup dengan jenis kelamin lain.
  • Mengalami guncangan yang terus menerus untuk sekurangnya selama dua tahun dan bukan hanya ketika datang stress.
  • Adanya penampilan fisik interseks atau genetik yang tidak normal; dan dapat ditemukannya kelainan mental semisal schizophrenia yaitu menurut J.P. Chaplin dalam Dictionary of Psychology (1981) semacam reaksi psikotis dicirikan di antaranya dengan gejala pengurungan diri, gangguan pada kehidupan emosional dan afektif serta tingkah laku negativisme.
Penyebab Transgender
     Transeksual dapat diakibatkan faktor bawaan (hormon dan gen) dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan di antaranya pendidikan yang salah pada masa kecil dengan membiarkan anak laki-laki berkembang dalam tingkah laku perempuan, pada masa pubertas dengan homoseksual yang kecewa dan trauma, trauma pergaulan seks dengan pacar, suami atau istri. Perlu dibedakan penyebab transseksual kejiwaan dan bawaan. Pada kasus transseksual karena keseimbangan hormon yang menyimpang (bawaan), menyeimbangkan kondisi hormonal guna mendekatkan kecenderungan biologis jenis kelamin bisa dilakukan. Mereka yang sebenarnya normal karena tidak memiliki kelainan genetikal maupun hormonal dan memiliki kecenderungan berpenampilan lawan jenis hanya untuk memperturutkan dorongan kejiwaan dan nafsu adalah sesuatu yang menyimpang dan tidak dibenarkan menurut syariat agama.
Tentang Transgender dalam dunia Kedokteran
    Dalam dunia kedokteran modern dikenal tiga bentuk operasi kelamin yaitu: (1) Operasi penggantian jenis kelamin, yang dilakukan terhadap orang yang sejak lahir memiliki kelamin normal; (2) Operasi perbaikan atau penyempurnaan kelamin yang dilakukan terhadap orang yang sejak lahir memiliki cacat kelamin, seperti zakar  atau vagina yang tidak berlubang atau tidak sempurna.; (3) Operasi pembuangan salah satu dari kelamin ganda, yang dilakukan terhadap orang yang sejak lahir memiliki dua organ/jenis kelamin (penis dan vagina). Nah,ini dia transgender yang emang fakta. Pasti kalian tau sendiri kan transgender yang nggak dari sononya??? -.-

Akibat Transgender
      Yang pertama, kalian pasti tau kan, kebanyakan dari mereka yang transgender nggak diterima dalam pergaulan sehari-hari, mereka ditolak dalam komunitas umum, dan yang pasti juga mereka hanya bergaul dengan orang-orang seperti mereka juga mulek-mulek disitu aja, yang perlu kalian tahu pergaulan mereka tentu nggak baik. Kedua, dosa mereka pasti gede beuuudddd, yang bisa mnyadarkan mereka hanya diri mereka sendiri dan yang Diatas. Ketiga, pergaulan mereka dengan sesama mereka tentu membawa menuju penyakit paling mematikan di dunia yaitu HIV/AIDS, nggak ada yang mau kan kena penyakit ini?. Yang pasti mereka-mereka ini sudah tersakiti luar dalam. Emosi mereka juga unpredictable.. dan ini sudah menurut fakta yang ada. yang menyedihkan remaja-remaja SMA pun juga ada yang udah kena wabah transgender cowok bergerak gerik jadi cewek and cewek yang bernampilan dan bergerak gerik layaknya cowok. mengenaskan beud. klo kalian punya temen yang udah ngidap transgender, bagaimanapun caranya kalian setidaknya membantu menyadarkan mereka.

That's all guys artikel tentang transgender moga-moga bisa menambah pengetahuan kalian yak!! Kesimpulan yang bisa kita ambil syukuri semua hal yang telah diberi Tuhan karena semuanya pasti ada hikmahnya, kayaknya nggak ada  untungnya juga kan kita melawan kodrat yang ada, yang ada cuman dosa dan penderitaan.  SMANGATTTT :))







60 komentar:

  1. menurut saya transeksual tidak disebabkan oleh faktor bawaan (hormon dan gen) dan faktor lingkungan.meskipun lingkungan mempengaruhi, atau ada hasrat melakukan transgender. individu yang baik seharusnya tidak bijak menuruti nafsu atau hasrat yang buruk. terimah kasih

    BalasHapus
  2. sebaiknya para guru khususnya bk mengajarkan tentang transgender lebih dalam pada murid2 sehingga murid2 tidak melakukan transgender karna pendidikan tentang transgender tidak didapat di rumah

    BalasHapus
  3. @teguh retno : baik. terimakasih. untuk itu dalam blog ini kami mencoba memberikan materi ini untuk para remaja. kami berusaha memberikan apa yang mungkin belum bisa diberikan oleh guru BK kepada remaja - remaja lainnya. oleh karnanya kami buat blog ini agar proses belajar mereka lebih mudah dan mungkin bisa bertanya langsung kepada kami sebagai orang yang sebaya dengan mereka tanpa rasa canggung antara mereka dengan kami sebagai media konseling.

    @arbenike : terima kasih atas pendapatnya.dalam jati tiap individu tidaklah sama. perbedaan itu kebanyakan dipengaruhi oleh lingkungan, sosial, dan bawaan.
    ada yang dipengaruhi lingkungan contohnya lingkungan terpencil dan tidak terjangkau masyarakat.
    yang dipengaruhi oleh sosial contohnya kehidupan sosial kamu yang berhubungan dengan kehidupan sosial ,masyarakat lain yang mungkin bisa terbilang rusak maka kita sebagai individu yang ikut berkumpul dengan mereka akan menjadi rusak pula. hal ini tidak jarang terjadi dan mungkin mudah ditemui di berbagai kalangan.
    sedangkan menurut bawaan mungkin contohnya seseorang yang terlahir di dalam keluarga yang mungkin memang mengalami transgender.
    mau nggak mau orang yang sejak lahir atau sejak kecil sudah berada dalam lingkungan keluarga yang mengalami transgender secara otomatis akan terbawa sifat,,,sikap dan tingkah si transgender sebagai pendidik.

    terima kasih atas saran dan kritiknya atas blog kami,
    kami ucapkan banyak terimakasih karena anda mau berpartisipasi untuk menanggapi blog kami.
    kami mohon maaf bila ada kesalahan dalam tulisan yang kami tulis untuk menanggapi tanggapan anda.

    BalasHapus
  4. sebaiknya guru menerangkan transgender secara langsung,meskipun sudah tertulis disini tapi tidak semua orang membaca dengan cermat dan bisa dimengerti.terimakasih:D

    BalasHapus
  5. menurut saya , transgender sangat perlu dihindari , untuk itu, lebih baik guru bk menjelaskan secara langsung.karena dengan hanya membaca mungkin transgender susah dipahami .terimakasih,

    BalasHapus
  6. menurut saya , transgender sangat perlu dihindari , untuk itu, lebih baik guru bk menjelaskan secara langsung.karena dengan hanya membaca mungkin transgender susah dipahami .terimakasih,

    BalasHapus
  7. menurut saya ,transgender sangat perlu dihindari . apalagi remaja rawan dengan yang seperti demikian .mohon kepada ibu guru bk menjelaskan secara langsung . karena dengan hanya membaca mungkin transgender susah dipahami .terimakasih.

    BalasHapus
  8. menurut saya,transgender di haramkan bagi muslim karena gender seseorang itu merupakan kodrat seseorang atau manusia . apakah itu benar ?

    By : Satrio Pamungkas ( X.8 )

    BalasHapus
  9. www.janggutfiraun.wordpress.com -> checkout

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas infonya...
    semoga bisa bermanfaat untuk kehidupan sekarang mauun yang akan datang ^^

    BalasHapus
  11. terima kasih buat infonya...
    nice info...
    i hope it can be usefull for now and for soon...
    thanks you konresa...^^

    BalasHapus
  12. Menurut saya yang menyebabkan transgender adalah seperti ada anak laki- laki yang memiliki banu\yak hormon wanita sehingga menyebabkan ia menyadi transgender ,dan menyebabkan perilakkunya menjagi seperti perempuan

    BalasHapus
  13. menurut saya transgender itu terjadi karena faktor lingkungan,faktor teman, bisa juga faktor dimana individu bergaul. seperti anak yang asalnya baik bila salah pergaulan bisa sebaliknya, seperti banyak dialami remaja saat ini.untuk itu lebih baik para guru-guru BK lebih banyak memberikan apa yang belum pernah diketahui remaja-remaja saat ini tentang seperti ini halnya.
    terima kasih.

    BalasHapus
  14. menurut saya transgender harus dan perlu sekali dihindari karena tansgender juga dapat merusak diri mereka..
    saya inggin bertanya apakah homoseksual dan lesbian termasuk dalam transgen??..

    By: Ni PUTU YOGI (X8)

    BalasHapus
  15. menurut saya transgender merupakan perbuatan yang tak lazim di lingkungan masyarakat.Biasanya pelaku transgender di cap neegatif oleh masyarakat.Oleh karenanya,kita harus mensyukuri apa yang telah di berikan Allah SWT.

    BalasHapus
  16. menurut saya,transgender merupakan perbuatan yang tak lazim di lingkungan masyarakat.Biasanya pelaku transgender di cap negatif oleh masyarakat.oleh karenanya,kita lebih mensyukuri apa yang telah di berikan oleh Allah SWT.

    Muhammad Afif X-8

    BalasHapus
  17. menurut saya transgender perlu dan harus di hindari karena transgender dapat merusak dirinya sendiri..
    saya ingin bertanya apakah homoseksual dan lesbian termasuk dalam transgender??..

    By: NiPutu Yogi (X8)

    BalasHapus
  18. pertama sukses buat berdirinya konresa :)
    hmm , artikelnya lumayan bermanfaat buat nambah pengetahuan ,nice :)
    pertanyaannya , gimana ya caranya nyadarin plus ngilangin kebiasaan temen kita kalo ada temen kita yg ada gejala transgender (kebanci-bancian) gitu ?
    sebenernya risih sih , tapi belum nemu solusinya .
    mohon bantuannya :D


    by : Intan K.N (X8/16)

    BalasHapus
  19. trasgender menurus saya adalah masalah yang dialami seseorang bukan karna keinginan sendiri melainkan hasrat yang ditimbulkan dari masalah sexnya dan nafsu yang menyimpang..mungkin itu disebabkan dari adanya kelainan yang ada di organ sexnya yang diderita sejak ia lahir..orang yang menderita transhender biasanya akan merasa puas jika dia melakukan hasrat atau nfsu dan tingkah polah yang menyimpang..apakah mereka bisa disalahkan dengan adanya kelainan itu ?

    BalasHapus
  20. terimakasih atas info tentang transgender. saya jadi lebih mengerti tentang apa itu transgender.

    Kharisma (X8)

    BalasHapus
  21. menurut saya anak laki-laki memang seharusnya tidak dibiarkan berkembang dalam tingkah laku perempuan karena hal tersebut akan menyebabkan terjadinya transgender yang sangat membahayakan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. buat konresa makasih yaa buat infonya .. !!

    BalasHapus
  22. menurut saya transgender bila di lihat dari sisi agama islam, memang tidak di perbolehkan. malah hukum nya adalah haram, karena tidak menerima kodrat nya yg telah di terima. jika di lihat dari sudut pandang di luar agama, transgender adalah hal yg tidak wajar, tapi jika menyangkut masalah pribadi itu adalah hak mereka untuk memilih. sebaiknya guru bk memberikan pendalaman terhadap hal ini. trima kasih

    BalasHapus
  23. artikel tentang transgender ini bagus, dapat menambah wawasan kita sebagai remaja tentunya. selain itu kita jadi lebih mengenal bagaimana seorang transgender itu.
    sedikit masukan untuk blog konresa, kenapa tampilan blognya ada tulisan 'vive la france' kenapa ga 'vive la indonesia' atau apalah yang berhubungan dengan negara sendiri. saya rasa akan lebih baik kalau mengusung nama negara sendiri :)

    BalasHapus
  24. Pembahasannya tentang transgender sangat berguna. paling tidak memberitahu kita apa sih transgender itu.

    Mau kasih saran nih, biar pembahasan blognya tentang transgender makin keren dan diminati anak muda (khususnya) kasih info2 anak muda lah tentang transgender misal lewat info2 film.

    berita terbarunya kan Kristen stewart sama mamanya kerjasama dalam film tentang transgender. Nah kasih saran lain apa sih film-film yang bertema seperti itu. Tulis sinopsisnya, terus ditulisin hal apa yg bisa diambil dari film itu supaya orang tahu (khususnya anak muda) dan paling gag memperkecil arus transgender

    makasih :)
    tingkatkan hari ini lanjutkan hari esok yaa :)
    go konkresa !!

    BalasHapus
  25. Informasinya bagus dan membuat saya jadi tahu apa sih tramsgender itu. Sebaiknya para guru-guru juga memeberikan bimbingan transgender di kelas-kelas

    BalasHapus
  26. Menurut saya, transgender merupakan salah satu perilaku menyimpang menurut aspek sosial dan melanggar kodrat yang sudah ditetapkan Tuhan menurut agama. Diperlukan pendidikan yang cerdas dan lingkungan yang layak serta keimanan yang kuat untuk bisa menanggulangi masalah transgender ini.

    BalasHapus
  27. thx infox....
    lingkungan sekitar dan kelompok masyarakat dan tempat kita bermain itu bisa mempengaruhi untuk melakukan transgender...
    ya tinggal dari diri kita masing" aja bagimana cara kita menjaga baik" diri kita dari hal" yg buruk untuk diri kita :)

    BalasHapus
  28. thx infox....
    lingkungan sekitar dan kelompok masyarakat dan tempat kita bermain itu bisa mempengaruhi untuk melakukan transgender...
    ya tinggal dari diri kita masing" aja bagimana cara kita menjaga baik" diri kita dari hal" yg buruk untuk diri kita :)

    BalasHapus
  29. Saya rasa transgender bisa di atasi lewat konseling agar kembali percaya thdp dirinya sendiri .

    BalasHapus
  30. Saya rasa transgender bisa di atasi lewat konseling agar kembali percaya thdp dirinya sendiri .
    Wayan x.8

    BalasHapus
  31. menurut saya sebenarnya transgender bisa sido cegah dengan pengarahan orange tua saat anak-anak masih kecil.
    misalnya anak laki-laki diberi mainan robot-robotan, atau anak perempuan diberi mainan boneka, bukan sebaliknya

    BalasHapus
  32. Menurut saya transgender itu terjadi karena faktor lingkungan,faktor teman,bisa juga faktor dimana individu bergaul. Apalagi saat ini banyak individu yang baik akibat individu itu salah bergaul akan sebaliknya. Untuk itu lebih baik para guru-guru BK lebih banyak memberikan apa yang belum pernah diketahui remaja saat ini.
    Terima kasih.
    Yang sebelumnya keliru belum dikasih nama.
    By ; Virdonio Fila X-8

    BalasHapus
  33. Menurut saya: Transgender adalah orang yang cara berperilaku atau penampilannya tidak sesuai dengan peran gender pada umumnya. Transgender adalah orang yang dalam berbagai level “melanggar” norma kultural mengenai bagaimana seharusnya pria dan wanita itu. Seorang wanita, misalnya, secara kultural dituntut untuk lemah lembut. Kalau pria yang berkarakter demikian, itu namanya transgender. Orang-orang yang lahir dengan alat kelamin luar yang merupakan kombinasi pria-wanita juga termasuk transgender. Transgender ada pula yang mengenakan pakaian lawan jenisnya, baik sesekali maupun rutin. Perilaku transgenderlah, yang mungkin membuat beberapa orang mengganti jenis kelaminnya, seperti pria berganti jenis kelamin menjadi wanita, begitu pula sebaliknya.

    BalasHapus
  34. transgender sangat di laknat oleh ALLAH SWT.
    seharusnya kita mensyukuri apa yg telah di karuniakan kepada kita karena itu adalah suatu amanat yang besar

    BalasHapus
  35. menurut saya, transgender disebabkan oleh faktor lingkungan sosial yang kurang baik atau pergaulan yang salah yang dialami oleh seorang individu,hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikir pelaku transgender.
    Maka dara itu, untuk mencegah terjadinya perilaku transgender, diperlukan pendidikan yang tepat sejak dini,minimal dari pihak keluarga.

    BalasHapus
  36. menurut saya Transeksual adalah orang yang identitas gendernya berlawanan dengan jenis kelaminnya secara biologis. Mereka merasa “terperangkap” di tubuh yang salah. Misalnya, seseorang yang terlahir dengan anatomi seks pria,tetapi merasa bahwa dirinya adalah wanita dan ingin diidentifikasi sebagai wanita. Transeksual-lah yang dapat menimbulkan perilaku homo atau lesbian, namun transeksual tidak dapat disamakan dengan homo. Bisa saja seorang pria transeksual tertarik pada pria lain karena merasa bahwa dia seorang wanita dan wanita mestinya tertarik pada pria.

    BalasHapus
  37. sebaiknya lebih bisa d sosialisasikan lagi kepada siswasiswi . jadi pencegahan transgender bsa lebih mudah .

    BalasHapus
  38. menurut saya transgender di sebabkan oleh faktor lingkungan yang mempengaruhi juga kehidupan seseorang namanun selain lifaktor lingkungan jga di sebabkan oleh faktor iman seseorang .
    karena dengan faktor lingkungan serta lemahx iman seseorang dapat mndukung penyebab transgender.

    dengan itupun agar kita jauh dari transgender perlu kesadaran dalam diri kita serta pandai@ dalam memilih teman dan bergaul ,karena pergaulan dengan teman dapat mndorong hal buruk maupun baik dalam hidup kita .

    BalasHapus
  39. menurut saya Transgender itu tidak baik karena setiap manusia di ciptakan dengan jenis kelaminnya masing-masing .

    dipandang dari sudut agama hukumnya "HARAM" , lebih baik kita mengajak para pengidap Transgender untuk kembali ke jalan yang benar supaya bencana alam yang pernah di alami di jaman Nabi Luth tidak terjadi pada jaman sekarang .

    Para pengidap Transgender jangan di kucilkan , tetapi justru kita rangkul untuk kita ajak kembali ke jalan yang lurus . :)

    Wassalam .... !!!!!

    *X-1 iki :*

    BalasHapus
  40. seharuznya guru lebih menerangkan bahaya transgender.agar siswa dapat mengerti bahayanya dan antisipasinya..

    BalasHapus
  41. terimakasih infonya lumayandapat dimengerti.namunmohonkejelasannya di pelajajaran selanjutnya.sekian molek x3 17

    BalasHapus
  42. menurut saya transgender itu sangat perlu dicegah, yaitu dengan mensosialisasikan bahwa transgender itu ,merupakan perbuatan dosa, dan melanggar agama. karena tidak bisa mensyukuri apa yang telah diberikan allah kepada kita. kodrat kita telah ditentukan dari zaman sebelum kita lahir.......

    begitu......

    BalasHapus
  43. menurut saya memang transgender tidak boleh di lakukan oleh baik laki-laki maupun perempuan karena itu sama saja tidak mensyukuri karunia Tuhan YME.Tapi kita juga harus memahami mengapa mereka sampai melakukan transgender dan kita juga harus membantu mereka ^_^

    by :inna amalia x8

    BalasHapus
  44. artikel yang menarik untuk remaja seusia kita. perlu penjabaran yang lebih detail lagi mengenai bahaya dan pencegahan bagi kami para remaja untuk bisa memahami dan mengamalkan pengetahuan ini kepada orang lain.

    hayu iyaka nastaina X3

    BalasHapus
  45. transgender itu termasuk sesuatu yang haram karena mengubah apa yg telah diberikan oleh tuhan, meskipun tidak mengubah seutuhnya.manusia diciptakan sudah sesuai dg kodratnya dengan jenis kelamin yang telah diberikan yaitu laki-laki atau perempuan.jadi transgender itu termasuk perbuatan yg tidak baik karena jika sudah terjerumus akan sulit kembali ke jalan yg benar

    BalasHapus
  46. menurut saya transgender itu merupakan hal yang sangat buruk untuk dilakukan, karena tarnsgender melanggar hukum Islam dan tidak mensyukuri apa yang telah Allah SWT berikan kpd kita....

    bagi yang telah melakukannya, saya berharap agar mereka semua bisa sadar akan bahaya transgender di akhirat kelak saat kita telah dipanggil di sisinya....

    trims..

    BalasHapus
  47. Yolanda W.T. _ X-3/34Kamis, April 07, 2011

    Menurut saya transgender di kalangan masyarakat memang tidak seharusnya di biarkan begitu saja. Anak-anak sejak dini perlu di awasi agar tidak terpengaruh baik oleh lingkungan, keluarga, maupun masyarakat, sehingga meraka bisa berprilaku layaknya jenis kelamin mereka masing-masing. Buat konresa makasih atas infonya. .

    BalasHapus
  48. Transgender perlu dicegah..
    Kita harus mensyukuri hidup yang diberikan pada kita..
    Hidup tidak ad yang tau kpn kita akan mati..
    lebih baik jalani saja dengan menjadi diri sendiri..

    Vidi Trisa.B X.3 30

    BalasHapus
  49. Wah transgender harus dicegah
    kita seharusnya mensyukuri apa yang diberikan oleh Allah pada kita


    dovie x3

    BalasHapus
  50. Posting ini sangat baik, karena memberi tahukan bahwa Transgender membuat kaum manusia ke jalan yang sesat.

    M. Azril X-3/19

    BalasHapus
  51. transgender itu bahaya . karena bisa merusak moral remaja INDONESIA.. MERDEKA..!!!!

    BalasHapus
  52. Transgender itu sangat berbahaya bagi masa depan generasi muda bangsa Indonesia.Karena kita harus selalu mensyukuri apa yang telah dikaruniakan Tuhan kepada kita.

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum Wr. Wb.
    saya akan mengomentari artikel ini.
    mohon dipajang coment saya. Untuk menyadarkan teman" kita juga.

    transgender harus kita hindari, karena bisa membuat kita berdosa. Kita juga harus mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Karena, kita sudah di takdirkan untuk mempunyai gender itu..

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  54. Menurut saya transgender itu sangat berbahaya bagi manusia.Terutama bagi para remaja di Indonesia.Karena transgender dapat menyebabkan penyakit seperti HIV.Transgender juga diharamkan untuk umat muslim.Dengan melakukan transgender,berarti kita tidak mensyukuri apa yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT.
    By:Yepy komaril X3

    BalasHapus
  55. menurut saya transgender itu sangat tidak diperlukan karena melanggar norma agama dan susila.

    M GUNTUR EKA P / X3 /16

    BalasHapus
  56. makasih atas infonya....

    Buat KONRESA saya dukung slalu...

    X6 Bimo

    BalasHapus
  57. terima kasih, sangat bagus infonya !
    X6 32

    BalasHapus
  58. terima kasih atas saran dan kritiknya atas blog kami,
    kami ucapkan banyak terimakasih karena anda mau berpartisipasi untuk menanggapi blog kami.

    :)

    BalasHapus
  59. terima kasih tanggapannya :D
    yang penting untuk menghindari transgender ini adalah , terus percaya diri atas apa yang kamu miliki,sebisa mungkin lakukan hal-hal yang kamu senangi dan tentunya positif bagi dirimu dan mungkin bagi orang banyak :D

    BalasHapus